Monday, September 17, 2018

Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan dengan Sepenuh Hati oleh Pupuk Kaltim


Jika kita menyebut nama Kota Bontang pasti akan teringat tentang Bontang FC. Didirikan pada 18 juni 1988 dengan nama PKT Bontang, PT Pupuk Kalimantan Timur adalah perusahaan dibalik pendirian klub ini. PT Pupuk Kalimantan Timur atau yang sering disebut Pupuk Kaltim adalah perusahaan yang memproduksi urea dan amoniak. Dari masa ke masa Pupuk Kaltim sudah sangat berkembang dan maju dalam proses produksinya, ditambah dengan dukungan pemerintah sebagai pemegang saham mayoritas dan pemegang kepentingan dalam distribusi pupuk bersubsidi, PT Pupuk Kalimantan Timur telah menjadi perusahaan pupuk skala internasional dengan segala fasilitas yang lengkap. Pengalaman penulis saat mengunjungi fasilitas produksi di Kota Bontang yang ternyata saat ini PT Pupuk Kalimantan Timur tidak hanya memproduksi urea dan amoniak saja, tetapi juga memproduksi pupuk NPK dan Melamin dalam bentuk Joint Venture. Kini PT Pupuk Kalimantan Timur seperti telah menjadi satu bagian dari masyarakat Kota Bontang yang tidak dapat dipisahkan, karena banyaknya peran penting yang telah diambil oleh PT Pupuk Kalimantan Timur dalam mengembangkan Kota Bontang hingga mampu menjadi seperti saat ini khususnya dalam hal tanggung jawab sosial dan lingkungan sebagai perusahaan yang besar dan berkembang di Kota Bontang.

Tanggung Jawab Sosial Kemasyarakatan dan Lingkungan
Kita semua tahu bahwa pendidikan adalah satu hal yang sangat mutalak dalam memajukan Indonesia, sebagai Badan Usaha milik Negara PT Pupuk Kalimantan Timur tahu persis cara mempersempit kesenjangan sosial, yaitu melaui pendidikan. Melalui Yayasan Pupuk Kaltim PT Pupuk Kalimantan Timur telah mendirikan sekolah dan banyak membawa perubahan terhadap kota Bontang, serta melalui Beasiswa Pupuk Kaltim Peduli Pendidikan yang merupakan salah satu Program Unggulan Pupuk Kaltim dalam bidang CSR yang diberikan kepada siswa-siswi berprestasi yang lahir di Kalimantan, namun berasal dari keluarga tidak mampu secara finansial. Melalui program ini, siswa-siswi berprestasi tersebut dapat melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri terkemuka di Indonesia.

Dan juga tidak hanya pada sektor SDM yang menjadi perhatian PT Pupuk Kalimantan Timur, tetapi juga bidang lingkungan. Pupuk Kaltim telah membangun sistem manajemen terpadu untuk mempertahankan keberlanjutan lingkungan hidup. Sistem Manajemen Lingkungan terdiri dari target dan program lingkungan yang berfokus pada: 1. Pencegahan pencemaran, 2. Konservasi sumber daya alam, 3. Pemeliharaan keanearagaman hayati. Pupuk Kaltim mengalokasikan sejumlah anggaran untuk memantau, mengelola dan melestarikan lingkungan. Pada 2015, anggaran pengelolaan lingkungan hidup sebesar Rp41,49 miliar meningkat dari 2014 sebesar Rp29,3 miliar.  Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi persiapan perizinan lingkungan berupa Surat Pernyataan Kesanggupan Pengelolaan dan Pemantauan Lingkungan Hidup (SPPL) UKL-UPL, AMDAL, jasa operasi pengelolaan limbah B3, pengambilan contoh limbah, peletakan terumbu buatan, studi terkait lingkungan hidup, penanaman pohon penghijauan dan pemeliharaan lingkungan.

Serta dalam hal pemberdayaan masyarakat sekitar pabrik selama 2015, Pupuk Kaltim menyalurkan dana Program Kemitraan sebesar Rp12,77 miliar, yang diperuntukkan bagi 352 mitra binaan dan ditambah dana pembinaan kemitraan sebesar Rp691,03 juta. Dengan demikian total dana Program Kemitraan adalah Rp13,46 miliar yang disalurkan pada masyarakat di sekitar Perusahaan, khususnya di Kota Bontang dan diseluruh provinsi lain di Pulau Kalimantan. Akumulasi realisasi penyaluran dana Program Kemitraan sejak 1989 s.d 2015 sebesar Rp457,31 miliar yang disalurkan kepada 27.000 mitra binaan. Bantuan yang diberikan melalui Program Kemitraan adalah bantuan modal kerja dan pembinaan dalam bentuk peningkatan kapasitas mitra binaan dalam bentuk pelatihan dan pemasaran produk dan jasa usaha mitra binaan. Kegiatan usaha  mitra binaan selain menyediakan jasa dan kebutuhan harian juga lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar, sehingga dapat memperoleh penghasilan dari kegiatan usaha yang dilakukan. Dengan demikian masyarakat sekitar dapat merasakan manfaat tidak langsung dari keberadaan Pupuk Kaltim.

Capaian-capaian Pupuk Kaltim dalam hal pembangunan berkelanjutan sudah tidak dapat diragukan lagi, karena Pupuk Kaltim yakin dengan cara tersebut masyarakat Kota Bontang akan merasa memiliki Pupuk Kaltim, serta akhirnya masyarakat akan selalu mengawasi dan mendukung segala kebijakan perusahaan yang sesuai dengan prinsip Good Corporate Governance.  Dan yang perlu digaris bawahi adalah Pupuk Kaltim melakukan tanggung jawab sosialnya bukan karena hanya semata untuk memenuhi kewajiban perusahaan yang telah diatur didalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 47 Tahun 2012 Tentang Tanggung Jawab Sosial Dan Lingkungan Perseroan Terbatas, terbukti dengan semakin banyaknya penghargaan yang diperoleh dan sertifikasi yang didapatkan oleh Pupuk Kaltim dalam hal tanggung jawab sosial dan lingkungan, diantaranya adalah sertifikat Green Award pada tahun 2015 dan The Latofi School of CSR pada tahun 2016 dan masih banyak lagi sertifikasi dan penghargaan yang sudah sangat membuktikan keseriusan Pupuk Kaltim dalam kepedulian sosialnya sesuai dengan Misi yang telah digagas oleh para pionir pendiri awal Pupuk Kaltim. Pupuk Kaltim telah tumbuh dan berkembang bersama Kota Bontang, Kota Bontang telah maju dan modern bersama Pupuk Kaltim. Sebuah kalimat yang tepat untuk menggambarkan Kota Bontang dan keadaan yang terjadi disana saat ini.


Referensi :
1.  Laporan Berkelanjutan PT Pupuk Kalimantan Timur tahun 2015. Maju dan Berkembang untuk Pertumbuhan Berkelanjutan.
(Diakses pada 17 November 2017)
3.      Id.www.wikipwdia.org/wiki/Pupuk_Kalimantan_Timur

(Diakses pada 17 November 2017)gambilan

No comments:

Post a Comment