Pengembalian Barang
dan Refund di Lazada
Dari sejak transaksi
pertama saya di Lazada, saya langusng percaya sepenuhnya atas kualitas
pelayanan yang diberikan oleh lazada. Dan bahkan ketika saya menerima barang
cacat yang saya beli di lazada.
Pada awalnya saya ingin bereksperimen dengan gitar untuk
dapat merekamnya. Kemudian saya memutuskan untuk membeli USB Guitar link di
lazada. Melihat harga yang miring dan ongkos kirim yang gratis, membuat saya
tidak pikir panjang lagi untuk segera membelinya.
Waktu pengiriman yang memakan waktu sekitar dua minggu,
membuat saya sedikit gerah karena ingin segera menjajal barang tersebut.
Setelah saya telusuri ternyata barang tersebut dikirim dari luar negeri. Walaupun
tertulis waktu pengiriman selama dua minggu, ternyata saya menerima barang
tersebut hanya dalam kurun waktu satu minggu. Tetapi sayang barang yang saya
terima tidak berfungsi sebagaimana mestinya atau cacat.
Pada awalnya saya merasa kapok berbelanja di Lazada, tetapi
saya baru ingat jika Lazada memiliki layanan pengembalian barang atau Retur
barang. Kurang lebih tata cara pengembalian barang dan Refund dana dari pihak Lazada adalah sebagai berikut:
Seluruh produk yang dijual di Lazada Indonesia berada dalam jaminan 100%
Perlindungan Pembeli dan/atau Jaminan Kepuasan, kecuali
di tentukan lain pada halaman penawaran produk atau deskripsi produk.
100% Perlindungan
Pembeli (PP)
|
Jaminan Kepuasan
(JK)
|
|
Cakupan kebijakan pengembalian
|
7 hari kalender
|
14 hari kalender
|
Berubah pikiran
|
Tidak Tersedia
|
Tersedia
|
Jaminan uang kembali
|
Ya
|
Ya
|
Layanan verifikasi seller Lazada
|
Ya
|
Ya
|
Bergantung kepada Kebjiakan Pengembalian Barang yang
berlaku, Anda diperbolehkan untuk mengembalikan barang kepada Lazada dalam
waktu 7 atau 14 hari kalender. Penghitungan dimulai dari tanggal Anda
menerima barang sampai tanggal cap pos yang tertera pada paket yang Anda
kembalikan kepada kami.
Persyaratan pengembalian yang sah:
·
Bukti pembelian (nomor pesanan, faktur pembelian, lainnya)
·
Rincian bank dalam Formulir Pengembalian apabila pembayaran dilakukan
melalui Bank Transfer / Mandiri Klikpay / Cash on Delivery.
·
Sertakan Formulir Pengembalian dalam bentuk cetak (atau tulis Kode
Otorisasi Pengembalian-kode RA Anda) di setiap paket pengembalian
·
Mohon kemas ulang produk yang akan dikembalikan dan tempel stiker
pengembalian diluar paket (tidak pada kardus produk)
·
Alasan pengembalian harus bersifat sah dan persyaratan persetujuan
pengembalian barang terpenuhi (lihat tabel berikut)
·
Mohon kirimkan produk yang ingin dikembalikan ke alamat gudang kami yang
tercantum di formulir pengembalian barang
·
Untuk memudahkan proses quality check, apabila produk yang akan
dikembalikan berupa gadget, laptop atau perangkat lainnya yang dilengkapi
dengan kata sandi (password), mohon pastikan untuk unlock atau menghapus kata
sandi pada perangkat tersebut sebelum dikirim ke gudang kami.
Produk yang akan dikembaliakn harus
memenuhi syarat di atas. Saya sendiri mengembaliakn produk dengan metode Drop
Off. yaitu barang dikembalikan melalui
kantor pos indonesia dan yang pasti tanpa biaya sepeserpun. Kita hanya tinggal
bilang ke bagian CS nya,
bahwa kita ingin mengembalikan barang dari Lazada. Tetapi sebelumnya
kita harus mengisi formulir pengembalian barang secara online di sini
Dan ingat bahwa layanan ini hanya
berlaku di kantor pos pusat, bukan kantor cabang.
Dalam beberapa hari kita akan
menerima email tentang progress pengembalian produk yang kita lakukan. jika
sebelumya didalam formulir pengembalian barang online teman-teman sudah
mencantumkan nomor rekening, maka kita hanya tinggal menunggu hari saja untuk
uang pembayaran kita kembali ke tabunagn kita. Dari proses awal pengiriman
barang lewat kantor pos, dan sampai pada tahap uang kita ditransfer kembali oleh
lazada, memakan
waktu kurang lebih sekitar dua sampai tiga minggu. Tergantung dengan nilai
belanja dan syarat pengembalian barang yang telah terpenuhi.
Saya sendiri merasa puas dengan
layanan pengembalian produk dan refund yang dilakuakn oleh lazada, walaupun
memakan waktu cukup lama. Kita harus sadar bahwa pasti tidak hanya kita saja
yang ingin mengembaliakn barang dan refund dana secepatnya. Lazada membuat
proses ini “ sedikit berbelit ” juga mempunyai tujuan, yaitu membuat pembeli
yang hanya ingin mencapai keuntungan pribadinya dapat berpikir dua kali.
Untuk info
lebih jelas lagi, teman-teman dapat mengunjungi situs resmi pengembalian produk
lazada di sini
sekian
tulisan mengenai pengalaman saya mengembalikan produk dari lazada.
Kalo faktur pembeliannya ilang masih bisa dikembaliin kga...?
ReplyDeleteBatu samsung J5
ReplyDeleteSdh satu minggu uang saya tidak dikembalikan oleh lazada dan saya chat tidak ada kabar,, sungguh kecewa barang sdah dibayar tapi habis stokππππ
ReplyDeletePengembelian uang saya samapai sekarang belum di kembalikan
ReplyDeleteTolong uang uang saya cepat si kembalikan,
ReplyDeleteSaya sangat kecewa dgn lazada total saya belanja 1.438.000..Ntah yg datang barang apa.. Tidak sesuai yg di inginkan.. Langsung saya return.. Dan kenapa barang saya kata laza pengembalian ditolak. Ohh ya tuhan.. Tolong kembalikan dana saya.
ReplyDeleteSaya kemarin beli HP senilai 2,7jt barangnya cacat & tdk berfungsi. Langsung saya ajukan pengembalian barang&dana.hari ini saya kirim barangnya, semoga pengembalian dana diproses secara lancar... Mohon doanya ya,, hehe π
ReplyDelete4 pesanan sy begitu di transfer lgsg muncul status : refund
ReplyDelete1. Pesanan no : 399063949194970 senilai
Rp. 1.298.000
2. Pesanan no : 397121285694970 senilai
Rp. 1.150.000
3. Pesanan no : 400101706494970 senilai
Rp. 987.500
4. Pesanan no : 400094364794970 senilai
Rp. 900.000
Refund s/d sekarang blm sy terima
DeleteBarang tidak sesuai
ReplyDeleteSaya pun baru sekarang mencoba mengembalikan barang
ReplyDeleteKarena saya pesen 2 barang tapi yang datang hanya satu !
Tapi, saya bayar 2 barang..
Toko yang tidak amananh