Wednesday, January 25, 2017

Pengembalian Barang dan Refund di Lazada


Pengembalian Barang dan Refund di Lazada


Dari sejak transaksi pertama saya di Lazada, saya langusng percaya sepenuhnya atas kualitas pelayanan yang diberikan oleh lazada. Dan bahkan ketika saya menerima barang cacat yang saya beli di lazada.

Pada awalnya saya ingin bereksperimen dengan gitar untuk dapat merekamnya. Kemudian saya memutuskan untuk membeli USB Guitar link di lazada. Melihat harga yang miring dan ongkos kirim yang gratis, membuat saya tidak pikir panjang lagi untuk segera membelinya.

Waktu pengiriman yang memakan waktu sekitar dua minggu, membuat saya sedikit gerah karena ingin segera menjajal barang tersebut. Setelah saya telusuri ternyata barang tersebut dikirim dari luar negeri. Walaupun tertulis waktu pengiriman selama dua minggu, ternyata saya menerima barang tersebut hanya dalam kurun waktu satu minggu. Tetapi sayang barang yang saya terima tidak berfungsi sebagaimana mestinya atau cacat.

Pada awalnya saya merasa kapok berbelanja di Lazada, tetapi saya baru ingat jika Lazada memiliki layanan pengembalian barang atau Retur barang. Kurang lebih tata cara pengembalian barang dan Refund dana dari pihak Lazada adalah sebagai berikut:
Seluruh produk yang dijual di Lazada Indonesia berada dalam jaminan 100% Perlindungan Pembeli dan/atau Jaminan Kepuasankecuali di tentukan lain pada halaman penawaran produk atau deskripsi produk.
 
100% Perlindungan Pembeli (PP)
Jaminan Kepuasan (JK)
Cakupan kebijakan pengembalian
7 hari kalender
14 hari kalender
Berubah pikiran
Tidak Tersedia
Tersedia
Jaminan uang kembali
Ya
Ya
Layanan verifikasi seller Lazada
Ya
Ya


Bergantung kepada Kebjiakan Pengembalian Barang yang berlaku, Anda diperbolehkan untuk mengembalikan barang kepada Lazada dalam waktu 7 atau 14 hari kalender. Penghitungan dimulai dari tanggal Anda menerima barang sampai tanggal cap pos yang tertera pada paket yang Anda kembalikan kepada kami.
Persyaratan pengembalian yang sah:
·         Bukti pembelian (nomor pesanan, faktur pembelian, lainnya)
·         Rincian bank dalam Formulir Pengembalian apabila pembayaran dilakukan melalui Bank Transfer / Mandiri Klikpay / Cash on Delivery.
·         Sertakan Formulir Pengembalian dalam bentuk cetak (atau tulis Kode Otorisasi Pengembalian-kode RA Anda) di setiap paket pengembalian
·         Mohon kemas ulang produk yang akan dikembalikan dan tempel stiker pengembalian diluar paket (tidak pada kardus produk)
·         Alasan pengembalian harus bersifat sah dan persyaratan persetujuan pengembalian barang terpenuhi (lihat tabel berikut)
·         Mohon kirimkan produk yang ingin dikembalikan ke alamat gudang kami yang tercantum di formulir pengembalian barang
·         Untuk memudahkan proses quality check, apabila produk yang akan dikembalikan berupa gadget, laptop atau perangkat lainnya yang dilengkapi dengan kata sandi (password), mohon pastikan untuk unlock atau menghapus kata sandi pada perangkat tersebut sebelum dikirim ke gudang kami.

Produk yang akan dikembaliakn harus memenuhi syarat di atas. Saya sendiri mengembaliakn produk dengan metode Drop Off. yaitu barang dikembalikan melalui kantor pos indonesia dan yang pasti tanpa biaya sepeserpun. Kita hanya tinggal bilang ke bagian CS nya,  bahwa kita ingin mengembalikan barang dari Lazada. Tetapi sebelumnya kita harus mengisi formulir pengembalian barang secara online di sini

Dan ingat bahwa layanan ini hanya berlaku di kantor pos pusat, bukan kantor cabang.
Dalam beberapa hari kita akan menerima email tentang progress pengembalian produk yang kita lakukan. jika sebelumya didalam formulir pengembalian barang online teman-teman sudah mencantumkan nomor rekening, maka kita hanya tinggal menunggu hari saja untuk uang pembayaran kita kembali ke tabunagn kita. Dari proses awal pengiriman barang lewat kantor pos, dan sampai pada tahap uang kita ditransfer kembali oleh lazada, memakan waktu kurang lebih sekitar dua sampai tiga minggu. Tergantung dengan nilai belanja dan syarat pengembalian barang yang telah terpenuhi.

Saya sendiri merasa puas dengan layanan pengembalian produk dan refund yang dilakuakn oleh lazada, walaupun memakan waktu cukup lama. Kita harus sadar bahwa pasti tidak hanya kita saja yang ingin mengembaliakn barang dan refund dana secepatnya. Lazada membuat proses ini “ sedikit berbelit ” juga mempunyai tujuan, yaitu membuat pembeli yang hanya ingin mencapai keuntungan pribadinya dapat berpikir dua kali.

Untuk info lebih jelas lagi, teman-teman dapat mengunjungi situs resmi pengembalian produk lazada di sini

sekian tulisan mengenai pengalaman saya mengembalikan produk dari lazada. 


11 comments:

  1. Kalo faktur pembeliannya ilang masih bisa dikembaliin kga...?

    ReplyDelete
  2. Sdh satu minggu uang saya tidak dikembalikan oleh lazada dan saya chat tidak ada kabar,, sungguh kecewa barang sdah dibayar tapi habis stokπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    ReplyDelete
  3. Pengembelian uang saya samapai sekarang belum di kembalikan

    ReplyDelete
  4. Tolong uang uang saya cepat si kembalikan,

    ReplyDelete
  5. Saya sangat kecewa dgn lazada total saya belanja 1.438.000..Ntah yg datang barang apa.. Tidak sesuai yg di inginkan.. Langsung saya return.. Dan kenapa barang saya kata laza pengembalian ditolak. Ohh ya tuhan.. Tolong kembalikan dana saya.

    ReplyDelete
  6. Saya kemarin beli HP senilai 2,7jt barangnya cacat & tdk berfungsi. Langsung saya ajukan pengembalian barang&dana.hari ini saya kirim barangnya, semoga pengembalian dana diproses secara lancar... Mohon doanya ya,, hehe πŸ™

    ReplyDelete
  7. 4 pesanan sy begitu di transfer lgsg muncul status : refund
    1. Pesanan no : 399063949194970 senilai
    Rp. 1.298.000
    2. Pesanan no : 397121285694970 senilai
    Rp. 1.150.000
    3. Pesanan no : 400101706494970 senilai
    Rp. 987.500
    4. Pesanan no : 400094364794970 senilai
    Rp. 900.000

    ReplyDelete
  8. Saya pun baru sekarang mencoba mengembalikan barang
    Karena saya pesen 2 barang tapi yang datang hanya satu !
    Tapi, saya bayar 2 barang..
    Toko yang tidak amananh

    ReplyDelete